Friday 29 August 2014

NASIHAT GURUKU (36): Kemuliaan Akhlak 1



oleh: KH.Bachtiar Ahmad
=====================
Anakku, salah satu tanda kemuliaan akhlak itu adalah; Bahwa engkau tidak pernah merasa gusar atau kecewa ketika ada orang yang tidak peduli dengan kebaikan yang telah engkau berikan kepadanya. Bahkan dibalas dengan kejahatan sekalipun, engkau tidak perlu marah. Sebab Allah Ta’ala telah menjelaskan dalam Kitab-Nya:

“Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar tidak berterima kasih kepada Tuhannya.” (Q.S. Al-‘Adiyat: 6)

Oleh sebab itulah dikatakan oleh Syaikh Fathur-rahman: “Orang yang bertakwa kepada Allah tidak perlu heran atau merasa sakit hati ketika kebaikannya  dibalas orang dengan kejahatan ataupun ejekan. Sebab apa yg diperbuat manusia kepada Allah jauh lebih besar kejahatannya; bahwa banyak orang yang bermaksiat dan mendurhakai Allah sebagai balasan untuk rahmat dan nikmat yang telah Allah berikan kepadanya.”

Karenanya janganlah mengharap balasan apapun dari setiap kebaikan yang engkau lakukan kepada sesama. Biarlah Allah Ta’ala yang menilai dan membalasnya; karena sesungguhnya Allah Maha Melihat; Maha Mengetahui dan Maha Membalas apa yang kita kerjakan sebagaimana firman-Nya:

“Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Baqarah: 110)

Anakku, mudah-mudahan nasihatku ini bermanfaat bagimu dan Allah Ta’ala senantiasa membimbing kita dengan hidayah dan inayah-Nya, sehingga kita menjadi orang-orang yang selamat di Hari Kiamat nanti. Wallahua’lam.

Jakarta,  04 Dzulqaidah 1435 H / 29 Agustus 2014.
KH.Bachtiar Ahmad

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.