Monday 2 January 2012

NASIHAT IMAM AL-GHAZALI : “Lihatlah dirimu sendiri”


Janganlah engkau memandang dan berangan-angan pada kenikmatan hidup yang  diberikan Allah Ta’ala  berupa kekayaan harta yang banyak dan berlimpah ruah; Sebab hal itu dapat membuat engkau lupa untuk mensyukuri nikmat atas hal-hal kecil yang telah dianugerahkan Allah kepadamu; Padahal hartamu yang sedikit jauh lebih membahagiakan dirimu dibandingkan mereka yang memiliki harta yang banyak. (Imam Al-Ghazali rhmlh)

Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah SWT telah berfirman:

“Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS. Tha-haa: 131)

Sedangkan junjungan kita;  Rasulullah SAW telah pula bersabda:

“Lihatlah kepada orang yang kurang daripada kamu; jangan melihat kepada orang yang di atas kamu; karena yang demikian itu adalah lebih baik untuk kamu; lantaran memandang yang lebih itu dapat membuatmu menghinakan nikmat yang sedikit yang telah diberikan Allah kepadamu. (HR. Muslim dari Abu Hurairah r.a)

Jadi lihatlah pada dirimu sendiri dan bersyukurlah atas nikmat yang diberikan, agar DIA menambahkan apa yang DIA kehendaki untukmu sebagaimana firman-NYA:

“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".” (Q.S. Ibrahim: 7)

Dan nikmat yang paling utama adalah DIA menjadkan dirimu sebagai hamba-NYA yang pandai bersyukur.  Wallahua’lam.

(dipetik dan diedit dari terjemahan Al – Ihya’ karangan Imam Al-Ghazali rhmlh)

Bagansiapiapi, 7 Safar 1433 H / 2 Januari 2012
KH. BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.