Wednesday 8 August 2012

Anekdot Ramadhan: CARA UNTUK KHUSYU’


 
Malam itu sebelum sholat witir dilaksanakan, salah seorang penceramah menjawab pertanyaan salah seorang jama’ah tentang bagaimana bisa melaksanakan sholat dengan khusyu’. Sang penceramah mengatakan, bahwa salah satu cara untuk dapat sholat dengan khusyu’ adalah dengan cara mengerti dan hafal pada makna atau arti dari bacaan-bacaan sholat yang kita baca.

Tiba-tiba salah seorang jama’ah lainnya berdiri dan bicara kepada sang penceramah: “Pak Ustadz, saya rasa cara itu tidak punya dasar sama sekali, bahkan tetap saja orang tidak bisa khusyu’ sholat, sekalipun ia hapal dan paham semua makna atau arti dari bacaan sholatnya.”

Sang penceramah lalu balik bertanya: “Maksudnya bagaimana?”

Si Jama’ah lalu menjawab: “Seperti yang kita maklumi, bahwa semua bacaan-bacaan sholat itu bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW, yang bahasanya adalah bahasa Arab. Saya yakin semua orang Arab tahu persis makna atau arti dari bacaan-bacaan yang mereka lafazkan. Tapi nyatanya banyak yang juga tidak bisa khusyu’ sholatnya. Nah, sekarang apa pendapat ustadz dalam hal ini?”

Mendengar ocehan si Jama’ah, sang penceramah terdiam dan jama’ah lainnya pun tertawa kecil dan cekikikan mendengar dialog tersebut. Lalu bagaimana dengan anda.

Wallahua’lam.

Jakarta, 18 Ramadhan 1433 H / 06 Agustus  2012.
KH.BACHTIAR  AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.