Friday 11 January 2013

PESAN GURUKU: (11)



oleh: KH.BACHTIAR AHMAD
=======================
(Tentang Sedekah dan Kehilangan)
Anakku, perintah Allah untuk mengeluarkan zakat dan menginfakkan hartamu serta bersedekah itu, pada hakikatnya adalah salah satu cara Allah untuk memuliakan dirimu dengan harta milik orang lain yang Allah titipkan kepadamu. Hal inilah yang sebenarnya menjadi makna inti dari firman Allah SWT yang menerangkan:

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian (tidak meminta).” (Q.S. Adz-Dzariyat: 19)

Jika hal ini engkau sadar dan pahami dengan sungguh-sungguh, maka insya Allah dalam setiap kali engkau akan senantiasa ikhlas ketika memberikan harta yang ada padamu kepada orang lain; tak peduli apakah mereka meminta atau tidak memintanya kepadamu.  

Begitu juga ketika engkau kehilangan harta benda atau sesuatu yang engkau sayangi, maka hendaklah engkau yakinkan  hatimu dengan sebenar-benarnya pemahaman, bahwa semua yang ada di langit dan dibumi serta di antara keduanya, bahkan termasuk dirimu sendiri adalah milik Allah SWT sebagaimana firman-Nya:

“Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”  (Q.S. Al-Maa-idah: 17)

Kepunyaan-Nya-lah perbendaharaan langit dan bumi; Dia melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (nya). Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Q.S. Asy-Syuura: 12)

Apabila hal ini engkau tertanam dalam hatimu,  maka jika sewaktu-waktu Allah mengambilnya kembali, tentulah hatimu akan menjadi lapang dan akan hilang pula kesedihan dari hatimu. Setelah itu,  insya Allah; Dia Yang Maha Memiliki akan menetapkan kesabaran di dalam hatimu.  

Semoga Allah memberikan kepahaman yang banyak padamu tentang apa yang telah kusampaikan ini. Wallahua’lam

(dinukil dan diedit dari HALAQAT AS-SALIKIN karangan SYAIKH ABDULLAH FATHURRAHMAN )

Bagansiapiapi, 29 Safar 1434 H / 12  Januari  2013
KH. BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.