Tuesday 9 July 2013

AGAR KAMU BERTAKWA



oleh: KH. Bachtiar Ahmad
======================
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa (di bulan Ramadhan), sebagaimana yang telah diwajibkan (Allah) atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”(Q.S.Al-Baqarah: 183)
***
Setiap kali datang Ramadhan dan membaca apa yang difirmankan Allah pada ayat 183 surah Al-Baqarah di atas, khususnya pada akhir ayat (yang maknanya secara umum diartikan) “agar kamu bertakwa” atau dengan kalimat lain “mudah-mudahan kalian jadi bertakwa”; maka dalam hati saya terbersit pikiran; Boleh jadi sebelum datangnya Ramadhan, saya dan atau anda, dalam penglihatan dan penilaian Allah, belum menjadi hamba yang bertakwa. Atau boleh jadi ketakwaan yang telah kita peroleh pada Ramadhan tahun lalu menjadi luntur, telah tergerus atau terkontaminasi oleh sesuatu yang membuat nilainya tidak lagi sempurna. Atau bisa jadi nilai-nilai “ketakwaan” itu  telah hilang dari dalam diri kita.

Oleh sebab itu, karena Ramadhan tahun ini boleh jadi adalah Ramadhan yang terakhir, yang diberikan Allah kepada kita untuk menikmati jamuan rahmat; barokah dan anugerah-Nya yang tak terhingga; Maka sudah selayaknyalah kita benar-benar mempersiapkan diri; kemudian memanfaatkan momentum Ramadhan tersebut untuk meningkatkan setiap usaha; daya dan upaya; agar kita benar-benar menjadi “hamba yang takwa” dalam pandangan Allah SWT.

Ingatlah sejenak, bahwa dalam kenyataannya sudah banyak anggota keluarga; saudara; teman; kerabat dan handai taulan kita, yang pada Ramadhan tahun lalu masih berkumpul dengan  kita, tapi dalam Ramadhan tahun ini sudah kembali pulang kepada Allah SWT. Bahkan ada yang baru beberapa hari lalu kita antarkan ke pemakamannya.

Selamat menunaikan ibadah Ramadhan; MOHON MA’AF LAHIR BATHIN; Mudah-mudahan Allah Azza Wa Jalla masih memberikan kesempatan bagi kita; memudahkan kita dengan hidayah serta inayah-NYA  untuk meraih rahmat; nikmat dan barokah Ramadhan yang disediakan-NYA bagi orang-orang yang beriman. Sehingga pada akhirnya kita benar-benar “bertakwa” sebagaimana yang dikehendaki-NYA. Wallahua’lam.

Bagansiapiapi, 30 Sya’ban 1434 H / 09 Juli 2013
KH. BACHTIAR AHMAD

1 comment:

  1. assalamu'alaikum...warahmatullahi wa barakatuh...


    Marhaban ya Ramadhan al mubarok..selamat menunaikan 'ibadah puasa ramadhan....


    salam pada semua disana Bah...

    ReplyDelete

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.