Friday 2 August 2013

WARISAN RASULULLAH SAW



oleh: KH.Bachtiar Ahmad
=====================
Dalam salah satu kisah diriwayatkan bahwa; Pada suatu beberapa waktu  setelah  Rasulullah SAW wafat, Abu Hurairah r.a berjalan melewati sekumpulan orang-orang yang duduk-duduk sambil “ngobrol”  dan saling tertawa lucu dengan apa yang mereka obrolkan. Lalu Abu Hurairah berhenti dan berkata kepada mereka: “Kulihat disini kalian telah membuang-buang waktu dengan percuma, padahal saat ini di masjid orang-orang tengah membagi-bagikan dan memanfaatkan apa yang telah diwariskan oleh Rasulullah SAW.”   

Dan demi mendengar itu, mereka yang sedang ngobrol  tersebut bubar dan berhamburan lari menuju masjid. Akan tetapi sesampainya di masjid mereka tak melihat ada harta atau benda yang dibagi-bagikan, lalu mereka balik mencari Abu Hurairah dan berkata: “Wahai sahabat Rasulullah, sesungguhnya engkau telah ber-bohong kepada kami. Sebab di masjid kami tak melihat ada harta atau benda warisan Rasulullah yang dibagi-bagikan.” 

Mendengar ocehan mereka Abu Hurairah hanya tersenyum dan balik bertanya kepada mereka: “Lalu apa yang kalian lihat ?.”  Salah seorang dari mereka menjawab: “Kami hanya melihat, bahwa banyak orang yang hanya menyibukkan diri mereka dengan berzikir kepada Allah.”  Lalu dengan suara tegas dan lantang Abu Hurairah berkata: “Itulah sesunguhnya salah satu warisan yang paling berharga yang telah ditingalkan oleh Rasulullah SAW untuk kita. Lalu apakah kalian tak hendak memilikinya ?”  Lalu Abu Hurairah r.a membacakan firman Allah SWT:

 “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya;  Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang; Dia-lah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (Q.S. Al-Ahzab: 41-43)

Jadi daripada “kita”  ngobrol yang tidak bermanfa’at, bahkan lebih cenderung “bergossip ria” yang dapat medatangkan dosa; Yuk kita manfa’atkan “warisan Rasulullah SAW” dengan sebaik-baiknya. Wallahua’lam.

Bagansiapiapi, 24 Ramadhan 1434 H / 02 Agustus 2013
KH.Bachtiar Ahmad.

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.