Friday, 22 November 2013

NASIHAT GURUKU 16: Tentang menyikapi keadaan hidup



oleh: KH.BACHTIAR AHMAD
=======================


Anakku, sesungguhnya Allah Ta’ala telah memerintahkan kita untuk selalu membaca dan menadaburkan Al-Qur’an dan sekaligus mengamalkannya, agar kita bisa menjadi hamba yang berakhlak mulia di dalam kehidupan yang kita jalani ini. Adapun salah satu di antara Firman-Nya yang wajib engkau pahami dan tadaburi adalah sebagaimana firman-Nya:

“Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S. Ali ‘Imraan: 26)

Anakku, firman Allah di atas mengingatkan kita, bahwa walaupun secara lahiriah kita memiliki kemampuan dalam berbagai hal untuk mendapatkan kemuliaan hidup sebagai orang yang berkedudukan; orang yang berharta benda; orang yang berilmu dan lain sebagainya. Akan tetapi pada hakikatnya, segala sesuatunya itu adalah anugerah Allah yang bertujuan untuk menguji kita. Begitu pula sebaliknya, segala kekurangan yang ada pada diri seorang hamba, maka hal itu semata-mata adalah “kehendak Allah” yang bertujuan untk menguji keimanan dan ketakwaan kita kepada-NYA. Oleh sebab itu jangan engkau menjadi sombong dengan segala apa yang dilebihkan Allah kepadamu, dan tidak pula merasa hina dengan segala kekurangan yang engkau miliki. Ingatlah selalu akan pernyataan Allah Ta’ala:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.  Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.” (Q.S.Al-Anbiya: 35)

Anakku, mudah-mudahan nasihatku yang ringkas ini dapat engkau pahami dan diamalkan dengan hati yang lapang di sepanjang hidupmu. Wallahua’lam

Bagansiapiapi, 18 Muharram 1435 H / 22 Nopember 2013
KH. BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.