Tuesday 20 December 2011

NASIHAT UNTUK ANAK-KU: 1


Wahai anakku, yang termasuk bagian dari nasihat adalah apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya, bahwa beliau pernah bersabda:

“Tanda berpalingnya Allah Ta’ala dari seorang hamba adalah disibukkannya hamba tersebut dengan sesuatu yang tidak bermanfaat bagi dirinya. Orang yang kehilangan masa usianya yang tidak digunakan untuk ibadah, maka pasti ia akan mengalami penyesalan yang berkepanjangan. Barangsiapa sudah berumur 40 tahun, dimana kebaikannya tidak bisa menutupi keburukan-nya, maka bersiap-siaplah masauk ke dalam neraka.”

Wahai anakku, nasihat ini sudah cukup bagi orang-orang yang berilmu. Dan sesungguhnya nasihat itu amat mudah; yang sulit adalah menerima dan menjalankan nasihat tersebut. Bagi orang-orang yang suka menuruti hawa nafsunya, nasihat itu akan terasa sangat pahit; karena hal-hal yang dilarang agama sangat disukai oleh hatinya. Wallahua'lam

(dinukil dan di edit dari pesan IMAM AL-GHAZALI rhmlh dalam “Yaa ayyuhal walad”)

Bagansiapiapi, 04 Dzulhijjah 1432 H / 31 Oktober 2011
KH.BACHTIAR AHMAD.

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.