Sunday 25 December 2011

PESAN RASULULLAH SAW: “Tentang sambutan kubur”


Imam At-Tirmidzy meriwayatkan dari Abu Sa’id r.a; Bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

“Perbanyaklah mengingat pemutus semua kelezatan (yakni kematian). Dan ketahuilah olehmu, bahwa setiap hari kuburan berkata: “Aku adalah tempat pengasingan; tempat kesepian; rumah tanah dan rumahnya ulat.”

Apabila seorang mukmin sudah dimakamkan, maka kuburnya berkata: “Selamat datang, engkau adalah orang yang paling aku cintai di atas permukaanku. Sejak hari ini akulah yang mengurusmu; engkau telah masuk ke tempatku dan engkau akan melihat bagaimana perlakuanku terhadapmu.”  Lalu kuburan itu dilapangkan sejauh mata memandang; dan sebuah pintu yang menghadap ke surga dibukakan untuknya.

Sebaliknya jika yang dimasukkan ke dalamnya adalah orang yang durhaka (fasiq) dan orang-orang kafir, maka kuburannya akan berkata: “Engkau adalah orang yang paling aku benci, maka tiadalah ucapan selamat untukmu. Sejak hari ini akulah yang akan mengurusmu; engkau masuk ke dalam tempatku dan akan engkau lihat bagaimana perlakuanku terhadap dirimu.”  Lalu kuburan itu akan merapat sehingga sisi yang satu bertemu dengan sisi yang lain; dan tulang-tulang rusuk si mayat pun akan menyatu.”

Abu Sa’id berkata: “Rasulullah SAW memperagakan keadaan itu dengan jari jemari beliau, bahwa beliau merapatkan jari-jari tangan kanan dengan jari-jari tangan kiri beliau.”

Kemudian Rasulullah SAW melanjutkan sabdanya: “Dan kemudian Allah mendatangkan 70 ekor ular “tinnin”. Bila saja se-ekor ular itu menghembuskan nafasnya ke bumi, maka akan kering tanduslah bumi untuk selama-lamanya. Ular-ular itu akan mematuk; menggigit dan menyemburkan hawa panasnya kepada si mayat, hingga tiba sa’atnya hari perhitungan tiba dan masuknya si mayat ke dalam neraka.” Wallahua’lam

(dinukil dan di-edit dari (terjemahan) “Al-Fauz al ‘azhim fi liqo al-Karim” karangan As-Syaikh Jalaluddin As-Suyuthi rhmlh)

Bagansiapiapi, 8 Syawal 1432 H / 6 September 2011
KH.BACHTIAR AHMAD

1 comment:

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.