Sunday 8 January 2012

PESAN RASULULLAH SAW:


“Tentang: TANDA MUNAFIQ”
=========================
“Empat sifat, siapa yang melakukan semuanya berarti benat-benar munafiq; dan siapa yang ada padanya sebahagian (tanda-tanda tersebut) berarti dia munafiq, sampai ia meninggalkannya (perbuatan tersebut). Jika dipercaya ia khianat; jika berkata ia dusta; jika berjanji tidak ditepati; dan jika berdebat melewati batas (tidak mau kalah).”   
(HR. Muttafaq ‘alaihi dari Abdullah bin Amru bin Al-‘Ash r.a)
“Tentang: TIGA MUSUH ALLAH SWT”
================================
“Tiga orang yang menjadi musuh-KU pada hari kiamat nanti adalah; orang yang berjanji dengan mempergunakan nama-KU lalu tidak ditepati; orang yang menjual orang yang merdeka untuk diperbudak; dan orang yang mengupah buruh yang jika telah selesai pekerjaannya tidak dibayarkan upahnya.”  (HR. Al-Bukhari dari Abu Hurairah r.a)
“Tentang: LARANGAN MENGAMBIL SEDEKAH YANG SUDAH DIBERI”
==========================================================
“Umar bin Khattab r.a berkata: “Suatu ketika saya memberikan se-ekor kuda kepada seseorang yang berjihad fi sabilillah, ketika saya melihat kuda pemberian itu disia-siakannya; maka saya pun berniat untuk  membelinya kembali dengan persangkaan, bahwa ia akan menjualnya dengan harga yang murah. Lalu saya bertanya kepada Rasulullah SAW tentang niat saya tersebut. Rasulullah SAW melarang saya dan beliau  bersabda: “Jangan kau beli dan jangan kau tarik kembali sedekahmu, meskipun ia memberikan kepadamu dengan harga satu dirham, karena orang yang menarik kembali sedekahnya; bagaikan orang yang menelan kembali muntahnya.”  (HR. Muttafaq ‘alaihi dari Umar bin Khattab r.a)
(dinukil dan di-edit dari terjemahan “Riadush-Shalihin”

Bagansiapiapi, 13  Safar  1433  H  /  8  Januari   2012
KH.BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.