Friday 6 April 2012

NASIHAT GURUKU: “Yang ke-enam”


Anakku, hendaklah engkau mencintai sesama mukmin; sebarkanlah salam kepada mereka; hidangkan makanan dan berupaya memenuhi kebutuhan mereka sa’at mereka memerlukan pertolonganmu. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya mukmin itu telah disatukan dalam persaudaraan oleh Allah Ta’ala dalam satu jasad laksana tubuh manusia. Dan ini telah ditegaskan Allahur-Rahman dalam firman-Nya:

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.” (QS. Al-Hujuraat: 10)

Dan firman Allah Subhana Wa Ta’ala itu telah diperjelas oleh Rasulullah SAW dalam suatu perumpamaan yang beliau sabdakan :

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam kecintaan dan kasih sayang di antara sesame mereka adalah laksana seperti satu tubuh. Jika satu anggota tubuhnya sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lainnya akan merasakan demam dan susah tidur.” (HR. Mutafaq ‘alaihi dari An-Nu’man bin Bisyr r.a)

Ketahuilah anakku, hendaklah seorang mukmin memperhatikan sangat-sangat saudaranya yang mukmin, karena “Al-Mu’min” adalah salah satu dari nama Allah Yang Maha Agung berikut apa yang ada pada-NYA. Sehingga dengan demikian tidaklah layak seorang mukmin akan menelantarkan saudaranya sesama mukmin.

Ingatlah anakku, barangsiapa yang beriman kepada Allah yang juga adalah “Al-Mu’min”, maka hendaklah semua laku perbuatannya dapat dipercaya sebagaimana kepercayaannya kepada Allah Ta’ala. Berpegang teguhlah kepada Allah dengan segenap perintah dan larangan-Nya, agar engkau selalu diberinya petunjuk kepada jalan yang lurus sebagaimana firman-NYA:

“Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka Sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS. Ali ‘Imran: 101)

Semoga engkau diberi pertolongan dan kekuatan untuk melaksanakan nasihat yang kusampaikan ini; dan Allah lebih mengetahui segala sesuatunya daripada apa yang kita ketahui. Wallahua’lam

(dinukil dan diedit dari HALAQAT AS-SALIKIN
karangan SYAIKH ABDULLAH FATHURRAHMAN )

Bagansiapiapi,   14 Jumadil Awal  1433 H /   6 April  2012
KH. BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.