Friday 2 November 2012

NASIHAT TENTANG DUNIA



(dinukil dari  Risalah Shufiyyah)
===========================
Kepada murid-muridnya, Syaikh Abdullah Fathur-rahman berpesan tentang masalah dunia:
 
“Wahai anak-anakku, tidak ada alasan bagi kalian untuk mengabaikan kebahagiaan dunia lantaran Allah juga menyuruh kalian untuk mendapatkannya sebagaimana yang difirmankan-Nya:
 
“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash: 77)
 
Akan tetapi hendaknya janganlah berlebih-lebihan dengan dunia, sebab hal itu bisa membuatmu bersyubhat dalam  perbuatan dosa dan engkau pasti akan merasa kesulitan  memilah dan memilih mana yang halal dan yang haram untuk mecukupi dunia yang kalian inginkan. Waspadailah diri kalian dan waspadalah terhadap  tipuan dunia sebagaimana yang telah diperingatkan Allah di dalam Kitab-Nya:
 
“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu Lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur; dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. Al-Hadiid: 20)
 
Mudah-mudahan Allah menolong kalian dan menyelamatkan kalian dari fitnah dunia. Wallahua’lam
 
Bagansiapiapi, 17 Dzulhijjah  1433 H / 2 Nopember 2012
KH. BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.