Friday, 25 October 2013

SEBAIK-BAIK PENOLONG



oleh: KH.Bachtiar Ahmad
====================
Imam At-Tirmidzy r.a meriwayatkan dari Abdullah bin Abbas r.a; Bahwa  suatu ketika Abdullah ibnu Abbas berada di belakang Rasulullah SAW yang sedang mengendarai unta. Dan kepadanya Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai anak, aku akan mengajarkan kepada engkau  beberapa kalimat yang harus kau jadikan pegangan dan yang akan memelihara engkau; Peliharalah peraturan-peraturan Allah dimana saja engkau berada, niscaya Allah akan memelihara engkau.

Apabila engkau memohon, maka memohonlah kepada Allah; Dan jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan hanya kepada Allah.

Ketahuilah, bahwa walaupun seluruh manusia berkumpul untuk memberikan sesuatu manfaat kepadamu, maka mereka tidak akan dapat memberikan manfaat, kecuali sekedar yang telah ditentukan Allah untuk engkau. Begitu juga sebaliknya, mereka tidak akan mampu menimpakan mudharat atau bencana kepada engkau, kecuali yang sudah ditentukan Allah untuk engkau. Pena sudah diangkat dan bukupun sudah ditutup.”

Pesan Rasulullah SAW tersebut tentulah tidak hanya berlaku untuk Abdullah bin Abbas saja, akan tetapi untuk kita semua. Dan selain itu hendaklah kita yakin, bahwa apa yang telah digariskan dan ditetapkan Allah SWT kepada kita tentulah sudah sesuai dengan batas-batas kemampuan yang kita miliki sebagaimana yang telah ditegaskan Allah Ta’ala dalam Firman-NYA:

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo`a): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah sebaik-baiknya Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Q.S.Al-Baqarah: 286)

Mudah-mudahan pesan ini akan selalu kita ingat dan bermanfa’at bagi kita dunia dan akhirat. Wallahua’lam.

Bagansiapiapi, 21 Dzulhijjah 1434 H / 25 Oktober 2013
KH.BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.