Friday 31 January 2014

PESAN RASULULLAH SAW TENTANG SAKIT




Imam Al-Bukhari r.a dalam “shahih” nya meriwayatkan beberapa pesan Rasulullah SAW tentang sakit dan penyakit :

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudriy dan Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada kepayahan sakit; kesedihan; kesengsaraan dan musibah yang menimpa seorang muslim, bahkan seklipun tertusuk duri, melainkan Allah menjadikan semua itu sebagai penghapus dosanya, jika ia bersabar. (Hadis no. 5641)

ï

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dia berkata: “Rasulullah SAW pernah bersabda: “Perumpamaan orang mukmin  adalah seperti pohon besar yang kokoh dan yang tidak terpatahkan oleh terpaan angina dari arah manapun, meskipun sedikit melentur, namun ketika angina reda, pohon tersebut tegak lurus kembali. Perumpamaan orang kafir adalah seperti pohon yang tegak namun sangat keras dan mudah patah, sehingga Allah menumbangkannya kapan saja DIA mau.”   (Hadis no. 5644)


ï

Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda; “Janganlah seseorang mengharapkan kematian karena menderita sakit. Jika menurutnya itu yang harus dilakukan, maka hendaklah ia menga-takan; “Ya Allah, biarkan aku tetap hidup jika kehidupan yang terbaik bagiku dan wafatkan aku jika kematian memang terbaik bagiku.” (Hadis no. 5671)

ï
\
                Diriwayatkan dari Khabbab r.a bahwa tujuh bagian tubuhnya terkena luka baker, lalu dia berkata: “Para sahabat kami telah mendahului kami tanpa dikurangi pahala mereka oleh kenikmatan dunia, sedangkan kami telah memperoleh kekayaan yang tidak bisa kai temukan penggunaannya kecuali untuk mendirikan bangunan di atas tanah. Seandainya Nabi SAW tak pernah melarang kami berdo’a untuk minta mati, niscaya kami akan berdo’a mati.”   (Hadis no. 5672)

ï


Jakarta, 29 Rabiul Awal 1435 H / 31 Januari 2014
KH.Bachtiar Ahmad

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.