Friday 14 March 2014

NASIHAT GURUKU (25): Tentang Kuburan dan Kematian (1)



oleh: KH.Bachtiar Ahmad
=====================
Anakku,  sesungguhnya kuburan itu sangat setia dan selalu menanti kedatangan kita lantaran kematian yang akan mengantarkan kita kesana sangatlah dekat dengan kita. Sehingga tidaklah mungkin kita dapat lari dari sang kematian sebagaimana yang difirmankan Allah Ta’ala:

“Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (Q.S. Al-Jum’ah: 8)

Allah Ta’ala juga berfirman:

 “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (Q.S. An-Nisaa’: 78)

Oleh sebab itu persiapkanlah dirimu dengan sebaik mungkin, agar kuburan yang akan engkau masuki menjadi tangga pertama bagimu dari tangga-tangga yang akan engkau naiki menuju keselamatan akhirat sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis; Bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Kuburan adalah tangga pertama dari tangga-tangga menuju akhirat. Bila seseorang selamat darinya, niscaya tangga-tangga berikutnya akan menjadi lebih mudah dan ringan. Sebaliknya jika ia tidak selamat dari kuburannya, maka tangga-tangga berikutnya akan lebih berat dan sangat pedih baginya.” (HR. Al-Hakim; Ibnu Majah; Al-baihaqi dll dari Hani (maula Utsman bin Affan r.a)

Anakku, mudah-mudahan nasihatku yang ringkas ini bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaanmu kepada Allah Ta’ala.

Jakarta,  12 Jumadil Awal 1435 H / 14  Maret 2014.
KH.Bachtiar Ahmad 

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.