Friday 9 May 2014

MUTIARA HIKMAH ULAMA




Engkau termasuk ke dalam golongan  orang yang celaka, jika engkau  hanya menangis ketika ada ahli keluargamu yang mati  dan ketika engkau kehilangan harta benda; padahal ketika engkau mengabaikan sebahagian dari  agamamu dan membiarkannya  hilang dengan perbuatanmu durhakamu kepada Allah Ta’ala; engkau hanya tertawa dan menganggapnya sebagai hal yang biasa. (Syaikh Abdul Qadir Jailani)
---***---
Salah satu cara  agar engkau tidak menyalah gunakan nikmat yang diberikan Allah; menjadi orang yang sombong dan cenderung mengikuti kehendak nafsu; lihat dan datangilah  kuburan yang sudah usang, lalu bicaralah dengan penghuninya dengan lisan keimananmu; maka niscaya engkau akan tahu siapa dirimu dan bagaimana kesudahan hidupmu. (Syaikh Abdullah Al-Ghazali)  
---***---
Di antara tanda-tanda sombongnya seorang hamba kepada Allah adalah: Ketika ia merasa sedih dan kecewa kepada Allah lantaran tidak mendapatkan apa yang diinginkannya; Berbuat aniaya kepada sesama dan tidak mau memberikan pertolongan, padahal dirinya mampu memberikan pertolongan. Dan mengabaikan muazzin yang mengumandangkan azan lantaran mendahulukan kepentingan dunianya daripada sholat yang diwajibkan kepadanya. (Syaikh Abdullah Al-Ghazali)
---***---
Bagansiapiapi, 9 Rajab 1435 H / 9 Mei 2014
KH.BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.