Friday 11 September 2015

NASIHAT GURUKU (43): Obat Hasad

0leh: KH.Bachtiar Ahmad
 ====================
Anakku, “hujjatul Islam” Imam Al-Ghazali berkata bahwa: “Sifat dengki itu hanya akan tumbuh di hati jika engkau tidak ingat; bahwa semua kenikmatan itu berasal dari Allahu Ta’ala; yang diberikan-Nya kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya.

Oleh sebab itu anakku, jika engkau merasa bahwa ada bibit penyakit hasad di dalam hatimu, maka hendaklah engkau segera mengobatinya dengan memahami dan meyakini segala sesuatunya itu adalah berasal dari kehendak dan kekuasaan Allah Ta’ala. Hendaklah benar-benar engkau tanamkan di dalam hatimu, bahwa soal rezeki; tinggi rendahnya derajat atau miskin dan kayanya seseorang sudah diatur dan ditetapkan Allah Ta’ala dengan segala kehendak-Nya sebagaimana Firman Allah di dalam Kitab-Nya:

“Dan janganlah kamu iri hati (dengki) terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Q.S. An-Nisaa’: 32)

Allah Ta’ala juga mengingatkan kita dengan Firman-Nya:

“Kepunyaan-Nya-lah perbendaharaan langit dan bumi; Dia melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkannya. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Q.S. Asy-Syuura: 12)

Sedangkan dalam ayat yang lain Allah Ta’ala berfirman:

Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebahagian yang lain beberapa derajat, agar sebahagian mereka dapat mempergunakan sebahagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (Q.S. Az-Zukhruf: 32)

Anakku, jika engkau membiarkan penyakit “hasad” (iri hati/dengki) itu tumbuh dan menjalar din dalam hatimu, maka akan sia-sialah amal kebaikan yang engkau lakukan sebagaimana yang disabdakan Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wa sallam:

Jauhilah oleh semua sifat hasad (iri hati/dengki) itu, karena sesungguhnya sifat dengki itu bisa menghabiskan amal-amal kebaikan sebagaimana api menghabiskan kayu bakar”. (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah r.a)

Anakku, semoga kiranya nasihatku ini bermanfa’at untuk memelihara iman dan keyakinanmu kepada Allah Ta’ala dan semua amal shalih yang engkau perbuat. Aamiin ya robbal ‘alamin.
Wallahua’lam

Bagansiapiapi, 27 Dzulqaidah 1436 H / 27 September 2015.
KH.Bachtiar Ahmad.

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.