Friday 22 April 2016

NASIHAT UNTUK DIRIKU



oleh: KH.Bachtiar Ahmad
=====================

NASIHAT  1
Wahai diri yang hina; ingat dan camkanlah nasihat ini: “Sebelum engkau mengajarkan sesuatu kebajikan kepada orang lain, maka nasihatilah hati dan jiwamu terlebih dulu. Sebab orang banyak hanya akan mendengar dan melihat sosok lahiriahmu; sedangkan Allah Yang Maha Menyaksikan langsung melihat ke dalam hatimu. Ingatlah bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda; “Takwa itu ada di sini” ujar beliau sambil menunjuk dadanya sendiri. Semoga engkau tidak termasuk ke dalam golongan orang munafik; yang hanya bisa menasihati orang lain dan mengabaikan perkataan itu bagi dirimu.” (Abu Hafsyin Syarik Al-Kufi)


NASIHAT  2
Wahai diri yang hina; ingat dan camkanlah nasihat ini: “Di antara tanda-tanda tidak bermanfaat ilmu bagi pemiliknya adalah; serakah pada dunia; ingin termasyhur dan harapkan pujian orang; ingin menasihati tapi susah menerima nasihat; menyuruh orang beramal shalih, tapi abai untuk melakukannya; selalu menganggap remeh dan rendah pendapat orang lain.” (Abu Qasim Junaidi al Baghdadi rhmlh)


NASIHAT 3
Wahai diri yang hina; ingat dan camkanlah nasihat ini: “Janganlah engkau lengah dengan lidahmu, sebab ia bisa berubah menjadi hewan buas yang mangsa pertamanya adalah dirimu sendiri. Tutuplah pintu pembicaraanmu sekuat-kuatnya dengan menggigit lidahmu; Jika ingin membukanya hendaklah engkau selalu berhati-hati dan penuhilah hajat bicaramu seperlunya saja.” (Al-Harits al-Muhasibi)
===000===

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.