Friday 13 October 2017

JADILAH DIRIMU SENDIRI

(dinukil dan diedit dari Al-Ihya’–Imam Al-Ghazali)
======================================
Janganlah engkau memandang dan berangan-angan pada kenikmatan hidup berupa harta benda; pangkat dan jabatan yang telah diberikan Allah Ta’ala kepada seseorang. Sebab hal itu dapat membuat engkau lupa untuk mensyukuri nikmat atas hal-hal kecil yang telah dianugerahkan Allah kepadamu. Sementara hartamu yang sedikit lebih berkah jauh lebih membahagiakan dirimu dibandingkan mereka yang memiliki harta yang banyak. Dan kedudukanmu sebagai orang biasa lebih mulia dalam pandangan Allah daripada mereka yang diberi Allah pangkat dan kedudukan duniawi.

Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah SWT telah berfirman:

“Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS. Tha-haa: 131)

Dan Rasulullah SAW telah pula bersabda:

“Lihatlah kepada orang yang kurang daripada kamu; jangan melihat kepada orang yang di atas kamu; karena yang demikian itu adalah lebih baik untuk kamu; lantaran memandang yang lebih itu dapat membuatmu menghinakan nikmat yang sedikit yang telah diberikan Allah kepadamu. (HR. Muslim dari Abu Hurairah r.a)

Oleh sebab itu, jadilah dirimu sendiri dan bertakwalah kepada Allah menurut kemampuanmu.

Bagansiapiapi, 23 Muharram 1439 H / 13 Oktober 2017.
KH. BACHTIAR AHMAD

No comments:

Post a Comment

Sekapur Sirih

Bagi yang berminat dengan tulisan yang ada, silahkan dicopy agar dapat berbagi dengan yang lain sebagai salah satu upaya kita untuk menunaikan “amar ma’ruf nahi munkar” yang diperintahkan Allah SWT.